5 Cara Menanam Kangkung di Polybag, 1 Bulan Panen!

5 Cara Menanam Kangkung di Polybag, 1 Bulan Panen!
Cara menanam kangkung di polybag kini mulai banyak di lirik. Hal ini karena kangkung dapat tumbuh subur di mana pun, baik dengan polybag, terlebih lagi di lahan besar. Oleh karena itu tak heran banyak yang mulai menanam kangkung menggunakan polybag.
5 Cara Menanam Kangkung di Polybag, 1 Bulan Panen
Kangkung sejak dulu terkenal dapat menyebabkan kantuk. Penyebabnya baru diketahui belakangan setelah para ahli menyebutkan bahwa kangkung mengandung senyawa kimia sedatif yang bersifat menenangkan.
Senyawa tersebut membuat pikiran rileks dan tenang, sehingga akan menyebabkan kantuk. Oleh karena itu, sebaiknya hindari mengkonsumsi kangkung pada siang hari karena pekerjaan membutuhkan konsentrasi penuh.
Dengan alasan yang sama, mengkonsumsi kangkung dapat mengatasi insomnia. Akan tetapi, efek kantuk kangkung tidak sama bagi setiap orang, karena kadar kebutuhan senyawa sedatif yang berbeda-beda.
Tertarik untuk menanam kangkung tapi tidak memiliki lahan kosong? Mau mencoba menanam kangkung menggunakan polybag? Simak cara cara menanam kangkung di polybag berikut ini:
1. Siapkan bibit
Cara menanam kangkung di polybag dimulai dengan menyiapkan bibit. Dalam memilih bibit sebaiknya dilakukan dengan tiga tahapan. Tahapan pertama, secara kasat mata, pilihan akan jatuh pada fisik bibit.
Tahapan kedua adalah dengan memilih bibit yang terlihat segar dan kuat. Tekan bibit untuk mengeceknya. Bibit yang bagus tidak mudah hancur saat ditekan dengan tangan.
Tahapan terakhir adalah dengan merendam bibit dalam wadah berisi air. Rendam bibit yang telah lolos dua tahapan sebelumnya ke dalam wadah. Bibit dengan kualitas bagus akan tenggelam. Pakai bibit yang tenggelam, dan buang bibit yang mengambang.
2. Siapkan polybag dan media tanam
Polybag
Lubangi bagian dasar polybag sebagai resapan air, untuk mencegah akar kangkung busuk ketika media tanam berlebih air.
Media tanam
Campurkan tanah gembur dan pupuk kompos dengan perbandingan 2:1. Lalu tambahkan sedikit arang sekam untuk menambah nutrisi pada tanah. Kemudian masukkan media tanam ke dalam polybag, diamkan selama 1-2 hari.
3. Proses menanam
Keesokan harinya, buat maksimal 3 lubang dengan kedalaman 11 – 14 cm dalam satu polybag. Salah satu cara menanam kangkung di polybag adalah dengan memasukan dua bibit kangkung di setiap lubangnya lalu tutup lubang dengan tanah. Siram sehari dua kali. Bibit kangkung mulai tumbuh dalam 5 – 7 hari.
4. Proses perawatan
Selain mudah tumbuh, kangkung juga tidak gampang terserang penyakit. Siram tanaman setiap pagi dan sore di musim kemarau. Sementara di musim hujan, kurangi penyiraman tidak busuk karena kelebihan air.
Rutin bersihkan gulma dan rumput liar di sekitar tanaman. Jangan lupa beri pupuk organik agar tanaman makin sehat.
5. Panen
Kangkung dapat dipanen setelah 25 – 30 hari. Memanen kangkung bisa dilakukan dengan dua cara; yang pertama adalah mencabut kangkung sampai ke bagian akarnya.
Sementara cara kedua dengan memotong bagian batang kangkung. Biarkan akar tanaman tetap berada didalam tanah, sehingga kangkung bisa tumbuh kembali. Sehingga bulan depan kangkung bisa kembali dipanen.
Cara menanam kangkung di polybag merupakan solusi berkebun dengan lahan sempit. Dengan demikian hobi berkebun tetap bisa dilakukan dari rumah. Begitu pula dengan panen, 25 hari kedepan.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *